Rabu, 25 Januari 2012

ESTIMASI BIAYA PERCERAIAN




ESTIMASI BIAYA-BAYA DI PENGADILAN 

(dalam Rp)

PENGADILAN AGAMA


I  TINGKAT I(PENGADILAN AGAMA)
   Biaya Panjar Perkara  
    Gugatan Cerai (istri)                                  650.000

    Permohonan Talak                                    850.000 

 II. TINGKAT BANDING                                 1.050.000

III.TINGKAT KASASI                                     1.205.000                                          

IV. TINGKAT PENINJAUAN KEMBALI             3.255.000

V. SITA                                                       1.536.000
      UNTUK 1 BARANG SITA JIKA LEBIH DARI 1
        DITAMBAH Rp600.000,- / barang. 

VI.  PANGGILAN SITA                                            1.536.000 

VII. BIAYA EKSEKUSI                                     1.686.000


Catatan: 
  • Biaya tersebut standar biaya di Pengadilan Agama di DKI Jakarta, besarnya biaya tersebut bukan merupakan biaya di Pengadilan Agama seluruh Indonesia.  
  • Pihak yang membayar adalah yang mengajukan pendaftaran 
  • Biaya No V s/d VII  untuk perkara Perceraian yang digabungkan dengan perkara gugatan harta bersama atau perkara gugatan harta bersama tersendiri..


                               PENGADILAN NEGERI                             

   
I.  TINGKAT I 
    BIAYA PANJAR PERKARA                                                                                       1.050.000


II. TINGKAT BANDING                                                                                               1.070.000


III.TINGKAT KASASI                                                                                                  1.215.000


IV. TINGKAT PK                                                                                                        3.565.000

V.  TERBIT AKTA CERAI                                                                                                350.000















36 komentar:

  1. aq sedang ingin proses cerai sekarang tapi bener bener blank dg proses cerai itu gimana,biayanya,lamanya,dan bla bla bla,aq dah baca berkali kali site ini bolak balik but masih tetep juga g ngerti,,, ^_^. mungkin nti aja klo dah pulang baru tanya ma pengacara,but thnks atas informasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gmn hasilnya sist?sudah cerai.aq bru mo cerai nih.bingung mo mulai drmn

      Hapus
    2. Ayo para istri ajukan perceraian... biar setan senang dan bahagia. Cari duit yg banyak para istri untuk gampang kawin cerai. Trs masuk neraka jahanam. Tapi aku gak ikutan yah. Hahahaha... istri durhaka...

      BalasHapus

      Hapus
    3. Heii..kebanyakan istri mengajukan cerai pasti ada alasan yg bener2 mendalam. Begitupun sebaliknya laki-laki. Tolong ya mas otak (kalo punya) dijaga baik2 ketika berucap. Kalo lo ga mau dicap sbg laki-laki yg durhaka! Krn gue yakin mulut lo pasti jahat sm perempuan! Kalo ga mau di judge jangan menjudge orang apalagi anda ga kenal! Thanks

      Hapus
    4. Neraka jahanam tempatnya para istri yg durhaka sm suaminya

      Hapus
  2. Kl mo cerai yg dibutuhkan pertama adalah keberanian dan tekad yg kuat. Tanpa itu semua akan menjadi sia2. Kalau masih bimbang, lebih baik ditunda. Tapi kalau sudah tidak tahan lagi hidup bersama, ya nekad saja. Uang adalah hal mudah, tapi nekad tidak ada yang jual.

    BalasHapus
  3. Sekarang saya mengerti, kenapa semakin banyak wanita yg bertahan walaupun mereka sangat menderita karena di khianati suami. itu semua karena mahalnya biaya GUGAT CERAI

    BalasHapus
  4. Biaya crai emg ngjelimet mkanya byk yg jinah jdiny ,

    BalasHapus
  5. nice info, thx..... untuk contoh surat gugatan cerainya, silahkan kunjungi: http://lindasechan.blogspot.com/2014/02/contoh-surat-gugatan-cerai.html

    BalasHapus
  6. Mahal bgt biayanya itu dtotal bs jdi hmpir 10 jt donk
    ya emang sih knp proses cerai dprsulit biar g gmpng kawin cerai
    tp klo yg rmh tanggany udh bner2 g sehat gmn
    sya mw proses cerai tp itu biayanya berat bgi sya

    BalasHapus
  7. Ane mau memproses cerai tapi buku nikah hilang gimana ane udah pisah skitar 5bulan n mnurut agama ane ane udah mnjatuhkan talak tiga n syah menrut agama gimana dong bisa ga di proses bila buku nikah hilang

    BalasHapus
  8. ayah q mau cerai kira" habis biayya brapa ea?

    BalasHapus
  9. Sekalian bikin undang2 baru bahwa orang miskin dilarang cerai, jalani saja takdirmu! BANGSAT

    BalasHapus
  10. Saya jg lg proses cerai,...slama qt mengikuti prosedur n sabar biaya nya tdk terlalu mahal,....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo para istri ajukan perceraian... biar setan senang dan bahagia. Cari duit yg banyak para istri untuk gampang kawin cerai. Trs masuk neraka jahanam. Tapi aku gak ikutan yah. Hahahaha... istri durhaka...

      Hapus
    2. Setiap suamiku marah dia seperti serigala. Aku dan anakku dikatai binatang. Saat dia ketahuan berhubungan dengan wanita lain. Aku malah yang dipukuli dan ditampari.padahal aku baru melahirkan anak pertama kami. Selang beberapa bulan berikutnya aq menjual emas mahar karena dia bilang tidak dapat gaji. Rupanya gajinya dikirim ke perempuan lain. Aq baca sendiri di wechatnya. Terakhir saat kami berbelanja dia menampari aku dan mendorongku dari mobilnya. Aku dan keluargaku dihina. Karena miskin. Sekarang aku ga boleh kerumah orang tuaku. Aku tinggal dirumah mertua. Aku macam pembantu buat anakku. Aku ga boleh mujuk anakku. Hanya suami dan saudaranya yg boleh. Mertuaku selalu bilang aku ga beres. Dan aku sedang hamil anak kedua. Kalau hati suamiku ga bagus aku dikatai binatang. Anakku diambil ga dikasih pegang. Apa aku masih durhaka. Uang belanja kubagi sama adek2nya dan ayahnya. Aku kyk perempuan paok disini. Kau pikir aku bahagia. Karena anakku aku bertahan. Karena aku ga da duit dan ga punya kerja. Karena mamakku miskin. Kau cakap mikir ya bang... Bukan ga cinta kali dulu aku sama lakikku. Skrg sakit hati aku yg ada. Luka parah.

      Hapus
  11. Saya jg lg proses cerai,...slama qt mengikuti prosedur n sabar biaya nya tdk terlalu mahal,....

    BalasHapus
  12. Kl aq blm ada putusan,baru proses mediasi,kl hasilnya tdk memuaskan ya banding.... Brp pun biaya bisa dicari....kl harga diri ga bs dibayar brp pun.....kl hasilnya blm memuaskan,ya mau buat hukum Dan keputusan sendiri...nhehe

    BalasHapus
  13. Kl aq blm ada putusan,baru proses mediasi,kl hasilnya tdk memuaskan ya banding.... Brp pun biaya bisa dicari....kl harga diri ga bs dibayar brp pun.....kl hasilnya blm memuaskan,ya mau buat hukum Dan keputusan sendiri...nhehe

    BalasHapus
  14. Panggilan tidak ads mediasi juga tidak pernah ada tiba2 ada surat keputusan dikabulkan , sebaiknya lapor kemana? ?? Polisi? ???

    BalasHapus
  15. bangsat undang undang zaman sekarang.. undang undang Dajal/anti cristus yang bikin.

    BalasHapus
  16. Wanita Indonesia, dikarenakan ahlak dan oknum PA. Bangga menyandang status Janda... Teu malikir. (Akhir Zaman) pitnah dunia terbesar. Indonesia berazab buah holdi. Audzubillahimindzalik. Terkutuklah wahai Nusyuz.

    BalasHapus
  17. Wanita Indonesia, dikarenakan ahlak dan oknum PA. Bangga menyandang status Janda... Teu malikir. (Akhir Zaman) pitnah dunia terbesar. Indonesia berazab buah holdi. Audzubillahimindzalik. Terkutuklah wahai Nusyuz.

    BalasHapus
  18. Bagaimana Cara dapatkan Surat cerai gratis di ski

    BalasHapus
  19. Bagaimana Cara dapatkan Surat cerai gratis di ski

    BalasHapus
  20. Ayo para istri ajukan perceraian... biar setan senang dan bahagia. Cari duit yg banyak para istri untuk gampang kawin cerai. Trs masuk neraka jahanam. Tapi aku gak ikutan yah. Hahahaha... istri durhaka...

    BalasHapus
  21. Gimana Caranya mengajukn gugat cerai suami secara online&berapa biaya nya mhon blasanya trimaksih

    BalasHapus
  22. Bapak Parulian Hutagalung yg terhormat.
    Istri menggugat cerai suaminya itu karena ada alasan yg kuat.
    Istri menggugat cerai suaminya karena faktor suaminya tidak bertanggung jawablah atau ada tindakan KDRT.
    Jd istri di benar kan di mata hukum.
    Karena negara ini negara hukum pak.
    Jd Anda jangan sembarangan bilang seperti itu.
    Orang yg sembrono seperti Anda ini kalau udah kena batunya baru tau rasa ntar.
    Sekarang ini jika ada wanita yang di lecehkan atau pun ada tindakan KDRT.
    Komnasham bisa turun tangan.
    Dan laki-laki yang di jadikan tersangka.
    Sekian dan terimakasih.

    BalasHapus
  23. Mertua perempuan saya tidak dinafkahi oleh suaminya. Hobi suaminya berjudi dan main perempuan. Akhirnya mertua perempuan saya bertahan karena anak dan mahalnya biaya perceraian. Jika saya membantu biaya perceraiannya,apakah saya salah sebagai menantu? Karena saya kasihan sekali melihat mertua perempuan saya.

    BalasHapus